(V)Bab : Mengusap khuff (sepatu yang menutupi mata kaki) .
Bismillahirrohmanirrohim
ﺍﻟﻜﺘﺐ « ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ « ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ « ﺑﺎﺏ ﺍﻟﻤﺴﺢ
ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺨﻔﻴﻦ
ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻋﻤﺮﻭ ﺑﻦ ﺧﺎﻟﺪ ﺍﻟﺤﺮﺍﻧﻲ ﻗﺎﻝ ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺍﻟﻠﻴﺚ ﻋﻦ ﻳﺤﻴﻰ ﺑﻦ
ﺳﻌﻴﺪ ﻋﻦ ﺳﻌﺪ ﺑﻦ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﻋﻦ ﻧﺎﻓﻊ ﺑﻦ ﺟﺒﻴﺮ ﻋﻦ ﻋﺮﻭﺓ ﺑﻦ
ﺍﻟﻤﻐﻴﺮﺓ ﻋﻦ ﺃﺑﻴﻪ ﺍﻟﻤﻐﻴﺮﺓ ﺑﻦ ﺷﻌﺒﺔ ﻋﻦ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ
ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻧﻪ ﺧﺮﺝ ﻟﺤﺎﺟﺘﻪ ﻓﺎﺗﺒﻌﻪ ﺍﻟﻤﻐﻴﺮﺓ ﺑﺈﺩﺍﻭﺓ ﻓﻴﻬﺎ ﻣﺎﺀ ﻓﺼﺐ
ﻋﻠﻴﻪ ﺣﻴﻦ ﻓﺮﻍ ﻣﻦ ﺣﺎﺟﺘﻪ ﻓﺘﻮﺿﺄ ﻭﻣﺴﺢ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺨﻔﻴﻦ
ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻋَﻤْﺮُﻭ ﺑْﻦُ ﺧَﺎﻟِﺪٍ ﺍﻟْﺤَﺮَّﺍﻧِﻲُّ ﻗَﺎﻝَ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺍﻟﻠَّﻴْﺚُ ﻋَﻦْ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﺑْﻦِ
ﺳَﻌِﻴﺪٍ ﻋَﻦْ ﺳَﻌْﺪِ ﺑْﻦِ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢَ ﻋَﻦْ ﻧَﺎﻓِﻊِ ﺑْﻦِ ﺟُﺒَﻴْﺮٍ ﻋَﻦْ ﻋُﺮْﻭَﺓَ ﺑْﻦِ
ﺍﻟْﻤُﻐِﻴﺮَﺓِ ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻴﻪِ ﺍﻟْﻤُﻐِﻴﺮَﺓِ ﺑْﻦِ ﺷُﻌْﺒَﺔَ ﻋَﻦْ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ
ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺃَﻧَّﻪُ ﺧَﺮَﺝَ ﻟِﺤَﺎﺟَﺘِﻪِ ﻓَﺎﺗَّﺒَﻌَﻪُ ﺍﻟْﻤُﻐِﻴﺮَﺓُ ﺑِﺈِﺩَﺍﻭَﺓٍ ﻓِﻴﻬَﺎ ﻣَﺎﺀٌ ﻓَﺼَﺐَّ
ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺣِﻴﻦَ ﻓَﺮَﻍَ ﻣِﻦْ ﺣَﺎﺟَﺘِﻪِ ﻓَﺘَﻮَﺿَّﺄَ ﻭَﻣَﺴَﺢَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺨُﻔَّﻴْﻦِ Telah
menceritakan kepada kami 'Amru bin Khalid Al Harrani
berkata, telah menceritakan kepada kami Al Laits dari
Yahya bin Sa'id dari Sa'd bin Ibrahim dari Nafi' bin
Jubair dari 'Urwah bin Al Mughirah bin Syu'bah dari
bapaknya, Al Mughirah bin Syu'bah dari Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam, bahwa beliau keluar untuk
buang hajat, lalu Al Mughirah mengikutinya dengan
membawa bejana berisi air. Selesai buang hajat, Al
Mughirah menuangkan air kepada beliau hingga beliau
pun berwudlu dan mengusap sepasang
sepatunya." KITAB BUKHARI HADIST NO -196
HADIST HADIST PENGUAT
HR.TIRMIDZI NO - 86 >>> Kitab : Bersuci >>>
Bab : Mengusap khuff
HR.TIRMIDZI NO - 87 >>> Kitab : Bersuci >>>
Bab : Mengusap khuff
HR.TIRMIDZI NO - 88 >>> Kitab : Bersuci >>>
Bab : Mengusap khuff bagi musafir atau non musafir
HR.TIRMIDZI NO - 91 >>> Kitab : Bersuci >>>
Bab : Mengusaf khuff bagian luar
HR.TIRMIDZI NO - 92 >>> Kitab : Bersuci >>>
Bab : Mengusap sepasang kaos kaki dan sandal
HR.TIRMIDZI NO - 93 >>> Kitab : Bersuci >>>
Bab : Mengusap sorban
HR.TIRMIDZI NO - 94 >>> Kitab : Bersuci >>>
Bab : Mengusap sorban
HR.TIRMIDZI NO - 95 >>> Kitab : Bersuci >>>
Bab : Mengusap sorban
HR.NASA'I NO - 78 >>> Kitab : Thaharah >>>
Bab : Pembantu mengucurkan air untuk wudhu"
HR.NASA'I NO - 104 >>> Kitab : Thaharah >>>
Bab : Mengusap sorban
ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻫَﻨَّﺎﺩٌ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻭَﻛِﻴﻊٌ ﻋَﻦْ ﺍﻟْﺄَﻋْﻤَﺶِ ﻋَﻦْ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢَ ﻋَﻦْ ﻫَﻤَّﺎﻡِ ﺑْﻦِ
ﺍﻟْﺤَﺎﺭِﺙِ ﻗَﺎﻝَ ﺑَﺎﻝَ ﺟَﺮِﻳﺮُ ﺑْﻦُ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺛُﻢَّ ﺗَﻮَﺿَّﺄَ ﻭَﻣَﺴَﺢَ ﻋَﻠَﻰ ﺧُﻔَّﻴْﻪِ
ﻓَﻘِﻴﻞَ ﻟَﻪُ ﺃَﺗَﻔْﻌَﻞُ ﻫَﺬَﺍ ﻗَﺎﻝَ ﻭَﻣَﺎ ﻳَﻤْﻨَﻌُﻨِﻲ ﻭَﻗَﺪْ ﺭَﺃَﻳْﺖُ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ
ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻳَﻔْﻌَﻠُﻪُ ﻗَﺎﻝَ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢُ ﻭَﻛَﺎﻥَ ﻳُﻌْﺠِﺒُﻬُﻢْ ﺣَﺪِﻳﺚُ ﺟَﺮِﻳﺮٍ
ﻟِﺄَﻥَّ ﺇِﺳْﻠَﺎﻣَﻪُ ﻛَﺎﻥَ ﺑَﻌْﺪَ ﻧُﺰُﻭﻝِ ﺍﻟْﻤَﺎﺋِﺪَﺓِ ﻫَﺬَﺍ ﻗَﻮْﻝُ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢَ ﻳَﻌْﻨِﻲ ﻛَﺎﻥَ
ﻳُﻌْﺠِﺒُﻬُﻢْ ﻗَﺎﻝَ ﻭَﻓِﻲ ﺍﻟْﺒَﺎﺏ ﻋَﻦْ ﻋُﻤَﺮَ ﻭَﻋَﻠِﻲٍّ ﻭَﺣُﺬَﻳْﻔَﺔَ ﻭَﺍﻟْﻤُﻐِﻴﺮَﺓِ ﻭَﺑِﻠَﺎﻝٍ
ﻭَﺳَﻌْﺪٍ ﻭَﺃَﺑِﻲ ﺃَﻳُّﻮﺏَ ﻭَﺳَﻠْﻤَﺎﻥَ ﻭَﺑُﺮَﻳْﺪَﺓَ ﻭَﻋَﻤْﺮِﻭ ﺑْﻦِ ﺃُﻣَﻴَّﺔَ ﻭَﺃَﻧَﺲٍ ﻭَﺳَﻬْﻞِ
ﺑْﻦِ ﺳَﻌْﺪٍ ﻭَﻳَﻌْﻠَﻰ ﺑْﻦِ ﻣُﺮَّﺓَ ﻭَﻋُﺒَﺎﺩَﺓَ ﺑْﻦِ ﺍﻟﺼَّﺎﻣِﺖِ ﻭَﺃُﺳَﺎﻣَﺔَ ﺑْﻦِ ﺷَﺮِﻳﻚٍ
ﻭَﺃَﺑِﻲ ﺃُﻣَﺎﻣَﺔِ ﻭَﺟَﺎﺑِﺮٍ ﻭَﺃُﺳَﺎﻣَﺔَ ﺑْﻦِ ﺯَﻳْﺪٍ ﻭَﺍﺑْﻦِ ﻋُﺒَﺎﺩَﺓَ ﻭَﻳُﻘَﺎﻝُ ﺍﺑْﻦُ ﻋِﻤَﺎﺭَﺓَ
ﻭَﺃُﺑَﻲُّ ﺑْﻦُ ﻋِﻤَﺎﺭَﺓَ ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮ ﻋِﻴﺴَﻰ ﻭَﺣَﺪِﻳﺚُ ﺟَﺮِﻳﺮٍ ﺣَﺪِﻳﺚٌ ﺣَﺴَﻦٌ
ﺻَﺤِﻴﺢٌ telah menceritakan kepada kami Hannad berkata,
telah menceritakan kepada kami Waki' dari Al A'masy
dari Ibrahim dari Hammam Ibnul Harits ia berkata; Jarir
bin Abdullah buang air kecil, lalu berwudlu dan
mengusap keduan khufnya. Lalu dikatakan kepadanya,
"kenapa engkau melakukan ini?" ia berkata; "Apa yang
menghalangiku untuk melakukan ini? aku pernah melihat
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melakukannya."
Ibrahim berkata; "Hadits Jarir ini membuat orang-orang
merasa ta'ajub, karena Jarir masuk Islam setelah
turunnya surat Al Maidah." Ini adalah perkataan Ibrahim,
yakni perkataan, "Hadits ini membuat orang-orang
merasa ta'ajub." Ia berkata; "Dalam bab ini juga ada
riwayat dari Umar, Ali, Hudzaifah, Al Mughirah, Bilal,
Sa'd, Abu Ayyub, Salman, Buraidah, 'Amru bin Umayyah,
Anas, Sahl bin Sa'd, Ya'la bin Murrah, Ubadah Ibnu
Shamid, Usamah bin Syarik, Abu Umamah, Jabir,
Usamah bin Zaid dan Ibnu Ubadah, ada juga yang
mengatakan, Ibnu Umarah dan Ubai bin Imarah." Abu Isa
berkata; "Hadits Jarir ini derajatnya adalah hasan
shahih."HR.TIRMIDZI NO - 86
ﻭَﻳُﺮْﻭَﻯ ﻋَﻦْ ﺷَﻬْﺮِ ﺑْﻦِ ﺣَﻮْﺷَﺐٍ ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺃَﻳْﺖُ ﺟَﺮِﻳﺮَ ﺑْﻦَ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺗَﻮَﺿَّﺄَ
ﻭَﻣَﺴَﺢَ ﻋَﻠَﻰ ﺧُﻔَّﻴْﻪِ ﻓَﻘُﻠْﺖُ ﻟَﻪُ ﻓِﻲ ﺫَﻟِﻚَ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺭَﺃَﻳْﺖُ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ
ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺗَﻮَﺿَّﺄَ ﻭَﻣَﺴَﺢَ ﻋَﻠَﻰ ﺧُﻔَّﻴْﻪِ ﻓَﻘُﻠْﺖُ ﻟَﻪُ ﺃَﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟْﻤَﺎﺋِﺪَﺓِ ﺃَﻡْ
ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﻤَﺎﺋِﺪَﺓِ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﻣَﺎ ﺃَﺳْﻠَﻤْﺖُ ﺇِﻟَّﺎ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﻤَﺎﺋِﺪَﺓِ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺑِﺬَﻟِﻚَ ﻗُﺘَﻴْﺒَﺔُ
ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺧَﺎﻟِﺪُ ﺑْﻦُ ﺯِﻳَﺎﺩٍ ﺍﻟﺘِّﺮْﻣِﺬِﻱُّ ﻋَﻦْ ﻣُﻘَﺎﺗِﻞِ ﺑْﻦِ ﺣَﻴَّﺎﻥَ ﻋَﻦْ ﺷَﻬْﺮِ ﺑْﻦِ
ﺣَﻮْﺷَﺐٍ ﻋَﻦْ ﺟَﺮِﻳﺮٍ ﻗَﺎﻝَ ﻭَﺭَﻭَﻯ ﺑَﻘِﻴَّﺔُ ﻋَﻦْ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢَ ﺑْﻦِ ﺃَﺩْﻫَﻢَ ﻋَﻦْ
ﻣُﻘَﺎﺗِﻞِ ﺑْﻦِ ﺣَﻴَّﺎﻥَ ﻋَﻦْ ﺷَﻬْﺮِ ﺑْﻦِ ﺣَﻮْﺷَﺐٍ ﻋَﻦْ ﺟَﺮِﻳﺮٍ ﻭَﻫَﺬَﺍ ﺣَﺪِﻳﺚٌ
ﻣُﻔَﺴَّﺮٌ ﻟِﺄَﻥَّ ﺑَﻌْﺾَ ﻣَﻦْ ﺃَﻧْﻜَﺮَ ﺍﻟْﻤَﺴْﺢَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺨُﻔَّﻴْﻦِ ﺗَﺄَﻭَّﻝَ ﺃَﻥَّ ﻣَﺴْﺢَ
ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺨُﻔَّﻴْﻦِ ﻛَﺎﻥَ ﻗَﺒْﻞَ ﻧُﺰُﻭﻝِ ﺍﻟْﻤَﺎﺋِﺪَﺓِ
ﻭَﺫَﻛَﺮَ ﺟَﺮِﻳﺮٌ ﻓِﻲ ﺣَﺪِﻳﺜِﻪِ ﺃَﻧَّﻪُ ﺭَﺃَﻯ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻣَﺴَﺢَ
ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺨُﻔَّﻴْﻦِ ﺑَﻌْﺪَ ﻧُﺰُﻭﻝِ ﺍﻟْﻤَﺎﺋِﺪَﺓِ Diriwayatkan dari Syahr bin
Hausyab, ia berkata; "Aku melihat Jarir bin Abdullah
berwudlu, lalu ia mengusap sepasang khufnya. Maka aku
pun bertanya kepadanya tentang hal itu, ia menjawab,
"Aku melihat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berwudlu
lalu mengusap kedua khufnya." Maka aku pun bertanya
kepadanya, "Apakah itu sebelum turunnya surat Al
Maidah atau sesudahnya?" Ia menjawab, "Aku belum
masuk Islam kecuali setelah turunnya surat Al Maidah."
Qutaibah menceritakan hal itu kepada kami, ia berkata;
"Telah menceritakan kepada kami Khalid bin Ziyad At
Tirmidzi, dari Muqatil bin Hayyan, dari Syahr bin
Hausyab, dari Jarir." Perawi berkata; " Baqiyyah
meriwayatkan dari Ibrahim bin Adham, dari Muqatil bin
Hayyan, dari Syahr bin Hausyab, dari Jarir. Dan ini
adalah hadits yang telah jelas, karena sebagian orang
yang mengingkari tentang mengusap khuf mentakwilkan
bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengusap khuf
sebelum turunnya surat Al Maidah. Dan Jarir
menyebutkan dalam haditsnya bahwa ia melihat Nabi
shallallahu 'alaihi wasallam mengusap khufnya setelah
turunnya surat Al Maidah."HR.TIRMIDZI NO - 87
ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻗُﺘَﻴْﺒَﺔُ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺃَﺑُﻮ ﻋَﻮَﺍﻧَﺔَ ﻋَﻦْ ﺳَﻌِﻴﺪِ ﺑْﻦِ ﻣَﺴْﺮُﻭﻕٍ ﻋَﻦْ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢَ
ﺍﻟﺘَّﻴْﻤِﻲِّ ﻋَﻦْ ﻋَﻤْﺮِﻭ ﺑْﻦِ ﻣَﻴْﻤُﻮﻥٍ ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟْﺠَﺪَﻟِﻲِّ ﻋَﻦْ
ﺧُﺰَﻳْﻤَﺔَ ﺑْﻦِ ﺛَﺎﺑِﺖٍ ﻋَﻦْ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺃَﻧَّﻪُ ﺳُﺌِﻞَ ﻋَﻦْ
ﺍﻟْﻤَﺴْﺢِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺨُﻔَّﻴْﻦِ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﻟِﻠْﻤُﺴَﺎﻓِﺮِ ﺛَﻠَﺎﺛَﺔٌ ﻭَﻟِﻠْﻤُﻘِﻴﻢِ ﻳَﻮْﻡٌ ﻭَﺫُﻛِﺮَ ﻋَﻦْ
ﻳَﺤْﻴَﻰ ﺑْﻦِ ﻣَﻌِﻴﻦٍ ﺃَﻧَّﻪُ ﺻَﺤَّﺢَ ﺣَﺪِﻳﺚَ ﺧُﺰَﻳْﻤَﺔَ ﺑْﻦِ ﺛَﺎﺑِﺖٍ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤَﺴْﺢِ
ﻭَﺃَﺑُﻮ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟْﺠَﺪَﻟِﻲُّ ﺍﺳْﻤُﻪُ ﻋَﺒْﺪُ ﺑْﻦُ ﻋَﺒْﺪٍ ﻭَﻳُﻘَﺎﻝُ ﻋَﺒْﺪُ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺑْﻦُ
ﻋَﺒْﺪٍ ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮ ﻋِﻴﺴَﻰ ﻫَﺬَﺍ ﺣَﺪِﻳﺚٌ ﺣَﺴَﻦٌ ﺻَﺤِﻴﺢٌ ﻭَﻓِﻲ ﺍﻟْﺒَﺎﺏ ﻋَﻦْ
ﻋَﻠِﻲٍّ ﻭَﺃَﺑِﻲ ﺑَﻜْﺮَﺓَ ﻭَﺃَﺑِﻲ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ ﻭَﺻَﻔْﻮَﺍﻥَ ﺑْﻦِ ﻋَﺴَّﺎﻝٍ ﻭَﻋَﻮْﻑِ ﺑْﻦِ ﻣَﺎﻟِﻚٍ
ﻭَﺍﺑْﻦِ ﻋُﻤَﺮَ ﻭَﺟَﺮِﻳﺮٍ telah menceritakan kepada kami Qutaibah
berkata, telah menceritakan kepada kami Abu 'Awanah
dari Sa'id bin Masruq dari Ibrahim At Taimi dari 'Amru
bin Maimun dari Abu Abdullah Al Jadali dari Khuzaimah
bin Tsabit dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam,
bahwasanya beliau ditanya tentang mengusap sepasang
khuf, beliau bersabda: "Tiga hari bagi orang yang dalam
perjalanan dan satu hari untuk yang tinggal di rumah."
Disebutkan pula dari Yahya bin Ma'in bahwasanya ia
menshahihkan hadits Khuzaimah bin Tsabit mengenai
mengusap khuf. Dan Abu Abdullah Al Jadali namanya
adalah Abd bin Abd, biasa dipanggil Abdurrahman bin
Abd. Abu Isa berkata; "Hadits ini derajatnya hasan
shahih, dalam bab ini juga ada riwayat dari Ali, Abu
Bakrah, Abu Hurairah, Shafwan bin Assal, Auf bin Malik,
Ibnu Umar dan Jarir."HR.TIRMIDZI NO - 88
ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻋَﻠِﻲُّ ﺑْﻦُ ﺣُﺠْﺮٍ ﻗَﺎﻝَ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻋَﺒْﺪُ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺑْﻦُ ﺃَﺑِﻲ ﺍﻟﺰِّﻧَﺎﺩِ ﻋَﻦْ
ﺃَﺑِﻴﻪِ ﻋَﻦْ ﻋُﺮْﻭَﺓَ ﺑْﻦِ ﺍﻟﺰُّﺑَﻴْﺮِ ﻋَﻦْ ﺍﻟْﻤُﻐِﻴﺮَﺓِ ﺑْﻦِ ﺷُﻌْﺒَﺔَ ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺃَﻳْﺖُ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ
ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻳَﻤْﺴَﺢُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺨُﻔَّﻴْﻦِ ﻋَﻠَﻰ ﻇَﺎﻫِﺮِﻫِﻤَﺎ ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮ
ﻋِﻴﺴَﻰ ﺣَﺪِﻳﺚُ ﺍﻟْﻤُﻐِﻴﺮَﺓِ ﺣَﺪِﻳﺚٌ ﺣَﺴَﻦٌ ﻭَﻫُﻮَ ﺣَﺪِﻳﺚُ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺑْﻦِ
ﺃَﺑِﻲ ﺍﻟﺰِّﻧَﺎﺩِ ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻴﻪِ ﻋَﻦْ ﻋُﺮْﻭَﺓَ ﻋَﻦْ ﺍﻟْﻤُﻐِﻴﺮَﺓِ ﻭَﻟَﺎ ﻧَﻌْﻠَﻢُ ﺃَﺣَﺪًﺍ ﻳَﺬْﻛُﺮُ
ﻋَﻦْ ﻋُﺮْﻭَﺓَ ﻋَﻦْ ﺍﻟْﻤُﻐِﻴﺮَﺓِ ﻋَﻠَﻰ ﻇَﺎﻫِﺮِﻫِﻤَﺎ ﻏَﻴْﺮَﻩُ ﻭَﻫُﻮَ ﻗَﻮْﻝُ ﻏَﻴْﺮِ ﻭَﺍﺣِﺪٍ
ﻣِﻦْ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢِ ﻭَﺑِﻪِ ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺳُﻔْﻴَﺎﻥُ ﺍﻟﺜَّﻮْﺭِﻱُّ ﻭَﺃَﺣْﻤَﺪُ ﻗَﺎﻝَ ﻣُﺤَﻤَّﺪٌ ﻭَﻛَﺎﻥَ
ﻣَﺎﻟِﻚُ ﺑْﻦُ ﺃَﻧَﺲٍ ﻳُﺸِﻴﺮُ ﺑِﻌَﺒْﺪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺑْﻦِ ﺃَﺑِﻲ ﺍﻟﺰِّﻧَﺎﺩِ telah
menceritakan kepada kami Ali bin Hujr berkata; telah
menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Abu Az
Zinad dari Bapaknya dari Urwah bin Az Zubair dari Al
Mughirah bin Syu'bah ia berkata; " Aku melihat Nabi
shallallahu 'alaihi wasallam mengusap bagian atas
kedua khufnya." Abu Isa berkata; "Hadits Al Mughirah ini
derajatnya hasan, yaitu hadits Abdurrahman bin Abu Az
Zinad, dari bapaknya, dari Urwah, dari Al Mughirah. Dan
kami tidak pernah mengetahui ada seseorang yang
menyebutkan dari Urwah dari Al Mughirah tentang
lafadz, "pada bagian atas kedua khufnya, " selain dia. Ini
adalah pendapat kebanyakan ahli ilmu. Pendapat ini juga
diambil oleh Sufyan Ats Tsauri dan Ahmad. Muhammad
berkata; "Malik bin Anas memberi isyarat kepada
Abdurrahman bin Abu Az Zinad."HR.TIRMIDZI NO - 91
ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻫَﻨَّﺎﺩٌ ﻭَﻣَﺤْﻤُﻮﺩُ ﺑْﻦُ ﻏَﻴْﻠَﺎﻥَ ﻗَﺎﻟَﺎ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻭَﻛِﻴﻊٌ ﻋَﻦْ ﺳُﻔْﻴَﺎﻥَ ﻋَﻦْ
ﺃَﺑِﻲ ﻗَﻴْﺲٍ ﻋَﻦْ ﻫُﺰَﻳْﻞِ ﺑْﻦِ ﺷُﺮَﺣْﺒِﻴﻞَ ﻋَﻦْ ﺍﻟْﻤُﻐِﻴﺮَﺓِ ﺑْﻦِ ﺷُﻌْﺒَﺔَ ﻗَﺎﻝَ ﺗَﻮَﺿَّﺄَ
ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻭَﻣَﺴَﺢَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺠَﻮْﺭَﺑَﻴْﻦِ ﻭَﺍﻟﻨَّﻌْﻠَﻴْﻦِ ﻗَﺎﻝَ
ﺃَﺑُﻮ ﻋِﻴﺴَﻰ ﻫَﺬَﺍ ﺣَﺪِﻳﺚٌ ﺣَﺴَﻦٌ ﺻَﺤِﻴﺢٌ ﻭَﻫُﻮَ ﻗَﻮْﻝُ ﻏَﻴْﺮِ ﻭَﺍﺣِﺪٍ ﻣِﻦْ
ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢِ ﻭَﺑِﻪِ ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺳُﻔْﻴَﺎﻥُ ﺍﻟﺜَّﻮْﺭِﻱُّ ﻭَﺍﺑْﻦُ ﺍﻟْﻤُﺒَﺎﺭَﻙِ ﻭَﺍﻟﺸَّﺎﻓِﻌِﻲُّ
ﻭَﺃَﺣْﻤَﺪُ ﻭَﺇِﺳْﺤَﻖُ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ ﻳَﻤْﺴَﺢُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺠَﻮْﺭَﺑَﻴْﻦِ ﻭَﺇِﻥْ ﻟَﻢْ ﺗَﻜُﻦْ ﻧَﻌْﻠَﻴْﻦِ ﺇِﺫَﺍ
ﻛَﺎﻧَﺎ ﺛَﺨِﻴﻨَﻴْﻦِ ﻗَﺎﻝَ ﻭَﻓِﻲ ﺍﻟْﺒَﺎﺏ ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﻣُﻮﺳَﻰ ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮ ﻋِﻴﺴَﻰ
ﺳَﻤِﻌْﺖ ﺻَﺎﻟِﺢَ ﺑْﻦَ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺍﻟﺘِّﺮْﻣِﺬِﻱَّ ﻗَﺎﻝ ﺳَﻤِﻌْﺖُ ﺃَﺑَﺎ ﻣُﻘَﺎﺗِﻞٍ
ﺍﻟﺴَّﻤَﺮْﻗَﻨْﺪِﻱَّ ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺩَﺧَﻠْﺖُ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﺑِﻲ ﺣَﻨِﻴﻔَﺔَ ﻓِﻲ ﻣَﺮَﺿِﻪِ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻣَﺎﺕَ
ﻓِﻴﻪِ ﻓَﺪَﻋَﺎ ﺑِﻤَﺎﺀٍ ﻓَﺘَﻮَﺿَّﺄَ ﻭَﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺟَﻮْﺭَﺑَﺎﻥِ ﻓَﻤَﺴْﺢَ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻤَﺎ ﺛُﻢَّ ﻗَﺎﻝَ
ﻓَﻌَﻠْﺖُ ﺍﻟْﻴَﻮْﻡَ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﻟَﻢْ ﺃَﻛُﻦْ ﺃَﻓْﻌَﻠُﻪُ ﻣَﺴَﺤْﺖُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺠَﻮْﺭَﺑَﻴْﻦِ ﻭَﻫُﻤَﺎ
ﻏَﻴْﺮُ ﻣُﻨَﻌَّﻠَﻴْﻦِ telah menceritakan kepada kami Hannad dan
Mahmud bin Ghailan keduanya berkata; telah
menceritakan kepada kami Waki' dari Sufyan dari Abu
Qais dari Huzail bin Syurahbil dari Al Mughirah bin
Syu'bah ia berkata; "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam
berwudlu, mengusap kedua kaus kaki dan kedua
sandalnya." Abu Isa berkata; "Hadits ini derajatnya
hasan shahih, dan ini adalah pendapat tidak sedikit dari
ahli ilmu. Pendapat ini juga diambil oleh Sufyan Ats
Tsauri, Ibnul Mubarak, Syafi'i, Ahmad dan Ishaq. Mereka
mengatakan; "Seseorang boleh mengusap kedua kaus
kaki walaupun bukan sandal jika keduanya tebal." Abu
Isa berkata; "Dalam bab ini ada juga hadits yang
diriwayatkan oleh Abu Musa." Abu Isa berkata; "Aku
mendengar Shalih bin Muhammad At Tirmidzi berkata;
"Aku mendengar Abu Muqatil As Samarqandi berkata;
"Aku datang menemui Abu Hanifah ketika sakit
menjelang kematiannya, ia minta untuk diambilkan air,
lalu ia berwudlu dalam keadaan memakai kaus kaki.
Setelah itu ia mengusap keduanya seraya berkata; "Hari
ini aku melakukan sesuatu yang belum pernah aku
lakukan, aku mengusap kedua kaus kaki, padahal
keduanya bukan sandal."HR.TIRMIDZI NO - 92
ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪُ ﺑْﻦُ ﺑَﺸَّﺎﺭٍ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﺑْﻦُ ﺳَﻌِﻴﺪٍ ﺍﻟْﻘَﻄَّﺎﻥُ ﻋَﻦْ ﺳُﻠَﻴْﻤَﺎﻥَ
ﺍﻟﺘَّﻴْﻤِﻲِّ ﻋَﻦْ ﺑَﻜْﺮِ ﺑْﻦِ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟْﻤُﺰَﻧِﻲِّ ﻋَﻦْ ﺍﻟْﺤَﺴَﻦِ ﻋَﻦْ ﺍﺑْﻦِ ﺍﻟْﻤُﻐِﻴﺮَﺓِ
ﺑْﻦِ ﺷُﻌْﺒَﺔَ ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻴﻪِ ﻗَﺎﻝَ ﺗَﻮَﺿَّﺄَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻭَﻣَﺴَﺢَ
ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺨُﻔَّﻴْﻦِ ﻭَﺍﻟْﻌِﻤَﺎﻣَﺔِ ﻗَﺎﻝَ ﺑَﻜْﺮٌ ﻭَﻗَﺪْ ﺳَﻤِﻌْﺘُﻪُ ﻣِﻦَ ﺍﺑْﻦِ ﺍﻟْﻤُﻐِﻴﺮَﺓِ ﻗَﺎﻝَ
ﻭَﺫَﻛَﺮَ ﻣُﺤَﻤَّﺪُ ﺑْﻦُ ﺑَﺸَّﺎﺭٍ ﻓِﻲ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟْﺤَﺪِﻳﺚِ ﻓِﻲ ﻣَﻮْﺿِﻊٍ ﺁﺧَﺮَ ﺃَﻧَّﻪُ ﻣَﺴَﺢَ
ﻋَﻠَﻰ ﻧَﺎﺻِﻴَﺘِﻪِ ﻭَﻋِﻤَﺎﻣَﺘِﻪِ ﻭَﻗَﺪْ ﺭُﻭِﻱَ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟْﺤَﺪِﻳﺚُ ﻣِﻦْ ﻏَﻴْﺮِ ﻭَﺟْﻪٍ ﻋَﻦْ
ﺍﻟْﻤُﻐِﻴﺮَﺓِ ﺑْﻦِ ﺷُﻌْﺒَﺔَ ﺫَﻛَﺮَ ﺑَﻌْﻀُﻬُﻢْ ﺍﻟْﻤَﺴْﺢَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨَّﺎﺻِﻴَﺔِ ﻭَﺍﻟْﻌِﻤَﺎﻣَﺔِ ﻭَﻟَﻢْ
ﻳَﺬْﻛُﺮْ ﺑَﻌْﻀُﻬُﻢْ ﺍﻟﻨَّﺎﺻِﻴَﺔَ ﻭ ﺳَﻤِﻌْﺖ ﺃَﺣْﻤَﺪَ ﺑْﻦَ ﺍﻟْﺤَﺴَﻦِ ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺳَﻤِﻌْﺖُ
ﺃَﺣْﻤَﺪَ ﺑْﻦَ ﺣَﻨْﺒَﻞٍ ﻳَﻘُﻮﻝُ ﻣَﺎ ﺭَﺃَﻳْﺖُ ﺑِﻌَﻴْﻨِﻲ ﻣِﺜْﻞَ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﺑْﻦِ ﺳَﻌِﻴﺪٍ
ﺍﻟْﻘَﻄَّﺎﻥِ ﻗَﺎﻝَ ﻭَﻓِﻲ ﺍﻟْﺒَﺎﺏ ﻋَﻦْ ﻋَﻤْﺮِﻭ ﺑْﻦِ ﺃُﻣَﻴَّﺔِ ﻭَﺳَﻠْﻤَﺎﻥَ ﻭَﺛَﻮْﺑَﺎﻥَ ﻭَﺃَﺑِﻲ
ﺃُﻣَﺎﻣَﺔَ ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮ ﻋِﻴﺴَﻰ ﺣَﺪِﻳﺚُ ﺍﻟْﻤُﻐِﻴﺮَﺓِ ﺑْﻦِ ﺷُﻌْﺒَﺔَ ﺣَﺪِﻳﺚٌ ﺣَﺴَﻦٌ
ﺻَﺤِﻴﺢٌ ﻭَﻫُﻮَ ﻗَﻮْﻝُ ﻏَﻴْﺮِ ﻭَﺍﺣِﺪٍ ﻣِﻦْ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢِ ﻣِﻦْ ﺃَﺻْﺤَﺎﺏِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ
ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻣِﻨْﻬُﻢْ ﺃَﺑُﻮ ﺑَﻜْﺮٍ ﻭَﻋُﻤَﺮُ ﻭَﺃَﻧَﺲٌ ﻭَﺑِﻪِ ﻳَﻘُﻮﻝُ
ﺍﻟْﺄَﻭْﺯَﺍﻋِﻲُّ ﻭَﺃَﺣْﻤَﺪُ ﻭَﺇِﺳْﺤَﻖُ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ ﻳَﻤْﺴَﺢُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻌِﻤَﺎﻣَﺔِ ﻭ ﻗَﺎﻝَ ﻏَﻴْﺮُ
ﻭَﺍﺣِﺪٍ ﻣِﻦْ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢِ ﻣِﻦْ ﺃَﺻْﺤَﺎﺏِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ
ﻭَﺍﻟﺘَّﺎﺑِﻌِﻴﻦَ ﻟَﺎ ﻳَﻤْﺴَﺢُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻌِﻤَﺎﻣَﺔِ ﺇِﻟَّﺎ ﺑِﺮَﺃْﺳِﻪِ ﻣَﻊَ ﺍﻟْﻌِﻤَﺎﻣَﺔِ ﻭَﻫُﻮَ ﻗَﻮْﻝُ
ﺳُﻔْﻴَﺎﻥَ ﺍﻟﺜَّﻮْﺭِﻱِّ ﻭَﻣَﺎﻟِﻚِ ﺑْﻦِ ﺃَﻧَﺲٍ ﻭَﺍﺑْﻦِ ﺍﻟْﻤُﺒَﺎﺭَﻙِ ﻭَﺍﻟﺸَّﺎﻓِﻌِﻲِّ ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮ
Issa and heard Jaarood bin Maaz says heard and Kia Ben surgeon
says that a survey on the turban is sufficient to effect Telah Menceritakan
Kepada kami Muhammad bin Basysyar Berkata, Telah
Menceritakan Kepada kami Yahya bin Sa'id Al Qaththan
dari dari Sulaiman Taimi At Bakr bin Abdullah Al Muzani
dari Al Hasan bin Mughirah Ibnul dari dari Syu'bah
Bapaknya ia Berkata; "Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam
Berwudlu, dan dan Beliau Mengusap Khuf Imamah
(Semacam Surban Diikatkan pada yang Kepala). " Bakr
Berkata; "Aku Telah Mendengarnya dari Ibnul Mughirah.
Perawi Berkata; "Muhammad bin Basysyar Menyebutkan
tentang Hadits ini di Tempat lain, Bahwa Beliau Mengusap
Ubun-dan Ubun Surbannya. "Hadits ini Juga Diriwayatkan
Jalur lain dari, dari Al Mughirah bin Syu ' bah. Sebagian
Mereka Menyebutkan lafadz; "Mengusap Ubun-Ubun Serta
Surbannya ", Sedang yang tidak Sebagian
Menyebutkannya. Dan aku Mendengar Ibnul Ahmad
Hasan Berkata; Aku Mendengar Ahmad bin Hanbal
Berkata; "Aku tidak Pernah Melihat Seseorang Semisal
Yahya bin Sa'id Al Qaththan dengan Kedua Mataku. "
Perawi Berkata, "Dalam bab Juga ada ini dari Riwayat
Amru bin Umayyah, Salman, Tsauban dan Abu Umamah. "
Abu Isa Berkata; "Hadits Al Mughirah bin Syu'bah
Derajatnya hasan Shahih, Pendapat ini Banyak Diambil
oleh Banyak Ulama dari Kalangan Sahabat Nabi
Shallallahu 'alaihi wasallam, Abu Bakar Seperti, Umar dan
Anas. "Pendapat ini Juga Dipegang oleh Al Auza'i, Ahmad
dan Ishaq. Mereka Berkata; "Seseorang Boleh Mengusap
Surbannya. "Dan Banyak Ulama dari para Sahabat nabi
Shallallahu 'alaihi wasallam dan tabi'in Mengatakan;
"Seseorang tidak Boleh Mengusap Surbannya Kecuali Jika
ia Mengusap Kepala dan Surbannya. "Ini Adalah Pendapat
Sufyan Ats Tsauri, Malik bin Anas, Ibnul Mubarak dan
Syafri'i. Abu Isa Berkata; Aku Mendengar Al Jarud bin
Mu'adz Berkata; Aku Mendengar Waki 'Ibnul Jarrah
Berkata; "Jika ia Hanya Mengusap Surbannya maka itu
Sudah Mencukupinya, Karena itu Adalah
sunnah. "HR.TIRMIDZI NO - 93 Hanad told us told us Ali bin Mas-har Aloamc judgment about Abdul Rahman bin Abi Layla from node bin Ka'b Bilal that the Prophet peace God it and him wiping over the socks and Muffler Telah Menceritakan Kepada kami Hannad Berkata, Telah Menceritakan Kepada kami Ali bin Mushir dari Al A'masy dari Al Hakam dariAbdurrahman bin Abu Laila dari Ka 'ab bin Ujrah dari Bilal Berkata; "Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam Mengusap Sepasang Khuf dan serban. "HR.TIRMIDZI NO - 94 Describe Qutaiba bin Said bin Tell us humans favorite for Abdel-Rahman ibn Ishaq al-Qurashi is Abu Ubaidah bin Mohammed bin Ammar bin Yasser said: I asked Jabir bin Abdullah said Wiping year, my nephew said, and asked him about the survey on the turban, said yesterday hair water Telah Menceritakan Kepada kami Qutaibah bin Sa'id Berkata, Telah Menceritakan Kepada kami Bisyr bin Al Mufaddlal dari Abdurrahman bin Ishaq Al Qurasyi, dari Abu Ubaidah bin Muhammad bin 'Ammar bin Yasir ia Berkata; "Aku Pernah Bertanya Kepada Jabir bin Abdullah tentang Mengusap Kedua Khuf, lalu dia Menjawab, "Itu Adalah sunnah Wahai anak Saudaraku. " Berkata; Dan aku Juga Bertanya Kepadanya tentang Mengusap Imamah,maka ia Menjawab, "Usaplah Rambut dengan Air.HR.TIRMIDZI NO - 95 told Solomon the son of David and Harith bin poor reading it and I hear narrated from Ibn Wahab for Malik and Younis and Amr ibn al-Harith that Ibn Shihab told them about Abbad ibn Ziyad Urwah bin marauding that he heard his father say poured on the Messenger of Allah, peace Godit and him while he does wudoo in the Battle of Tabuk, he wiped over his socks, said Abu Abdul Rahman did not mention the owner of the buttonhole bin invasive TelahMengabarkan Kepada kami Sulaiman bin Daud dan Al Harits bin Miskin Telah Dibacakan Kepadanya dan aku Mendengar Lafazhnya dari dia, Wahab dari dari Ibnu Malik Yunus dan dan Amr bin Al Harits Bahwasanya Ibnu Syihab Telah Mengabarkan Kepada Mereka, dari 'Abbad bin Ziyad dari 'Urwah bin Al Mughirah Bahwasannya dia Mendengar Bapaknya Berkata; "Aku Pernah Menuangkan air untuk Shallallahu Rasulullah 'alaihi wasallam KetikaBeliau Wudlu saat Perang Tabuk. Saat itu Beliau Mengusap Kedua Sepatunya. "Abu Abdurrahman Berkata; Malik tidak Menyebutkan Urwah bin Al Mughirah.HR.NASA 'I NO - 78and told us Hussein Bin Abdul Rahman Jergeraúa for divorced Bin Ghannam said Tell us trailing Hafs bin Ghias Aloamc judgment about Abdul Rahman bin Abi Layla Aazib Bilal said I saw the Messenger of Allah peace be upon him wipe over the socks Telah Mengabarkan Kepada kami Al Husain bin Abdurrahman Al Jarjaraa'i dari Thalaq bin Ghanam dia Berkata; Telah Menceritakan Kepada kami Zaidah dan Hafs bin Ghiyats dari Al 'Al Hakam Amasy dari dari Abdurrahman bin Abu Laila dari Barra 'bin' Azib, Bilal dari dia Berkata: "Saya Melihat Shallallahu Rasulullah 'alaihi wasallam Mengusap Kedua Khufnya (Sepatunya). "HR.NASA 'I NO - 104
Tidak ada komentar:
Posting Komentar